Sabtu, 01 November 2008

Kemauan dan Kerja Keras Adalah Kunci Sukses

Siapa tak mengenal motivator andal yang namanya tengah naik daun ini : James Gwee. Pria berkewarganegaraan Singapura ini telah sukses berbicara di sekian ratus seminar. Ia sangat menguasai bidang penjualan, motivasi, services excellence, leadership, managerial skills, team building, dan personal development. Namun kesuksesan ini tak begitu saja diraihnya. Kariernya di Indonesia dimulai dari bawah.

Sebelum sukses sebagai motivator, ia dan beberapa rekannya mendirikan sekolah komputer di Singapura. Sekolah ini berkembang pesat dengan begitu banyak siswa. Melihat peluang di Indonesia, ia pun tertarik berkiprah di sini. Awalnya, ia tak mengenal siapa pun di sini. Dengan berkendaraan Daihatsu Charade tua, ia memulai usahanya. Menyuplai perlengkapan musik untuk sekolah-sekolah pun ia lakukan. Ketika membuka jasa konsultan, kliennya hanya berjumlah sedikit. Dari kantor ke kantor James menyelenggarakan konseling dan workshop tentang customer service, bagaimana menangani komplain, dan tema-tema sejenisnya. Ia selalu memberi yang terbaik berapa pun jumlah pesertanya. Berkat kegigihannya, usaha James pun berkembang pesat. Beragam kantor dari berbagai bidang mengundangnya berbicara. Jamrs telah berbicara di depan kalangan perbankan, asuransi, tours and travel, real estat, industri manufaktur, transportasi, rumah sakit, dan telekomunikasi. Radio pun tertarik untuk menampilkan figurnya, seperti Pass FM dan Smart FM.

Kini penyuka musik country ini juga menulis buku. Bukunya berjudul positive Bussiness Idea (Gramedia Pustaka utama, 2007) terbit pada awal tahun 2007 dan laris manis di pasar. Buku ini berisi ide-ide positif yang berlangsung bisa dipraktikkan dalam pekerjaan sehari-hari, meliputi ide untuk perbaikan secara umun, ide untuk penjual hebat, para manajer dan supervisor, layanan prima, dan bisnis yang sukses. Keunggulan bukunya dibanding buku bisnis biasa adalah dilengkapi dengan ‘action ides’ yang bisa langsung diuji oleh pembaca. Bedah bukunya pernah disiarkan langsung oleh Smart FM.

Direktur Academia Education and Training (perusahaan konsultan berbasis di Singapura) ini sekartang tinggal di Jakarta bersama isteri dan tiga anak. Ia melihat peluang bisnis di Indonesia masih terbuka lebar. Kuncinya adalah kemauam dan kerja keras untuk mencapainya. Just take action!

Sumber : SUCCESS, Nomor 8/September 2007

Tidak ada komentar: